PENYULUHAN IBU HAMIL DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEHAMILAN

gunungtiga-belik.desa.id

Bidan Desa Nurul Wahdah bersama Kader Kesehatan Desa Gunungtiga melakukan penyuluhan kepada Kelompok Belajar Ibu-Ibu Hamil di Desa Gunungtiga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, Selasa (24/02/2020).
Menurut Bidan Nurul, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan sampai dengan persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, adat istiadat setempat, penyakit menular dan pentingnya akte kelahiran anak.
“Dengan mengikuti kelas ibu hamil diharapkan dapat lebih mengontrol dan mengelola mood maupun tingkat emosional yang tidak stabil selama kehamilan. “Selain itu, dapat mengatasi rasa takut saat proses melahirkan dan persiapan mental akan memiliki bayi sehingga ibu hamil dapat mempersiapkan secara optimal kehamilan dan persalinannya sehingga ibu dan bayi sehat dan selamat.”ujarnya.
Dia menambahkan, kegiatan dikhususkan untuk umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu menjelang persalinan dengan jumlah peserta 35 orang.
Ia menjelaskan, Kelas ibu hamil ini di hadiri oleh 22 orang. Di kelas ini ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. “Kelas ibu hamil ini telah di laksanakan secara berkala oleh puskesmas Belik setelah pemaparan materi oleh bidan, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta, pada setiap akhir pertemuan di lakukan senam hamil.”ungkapnya
Menurutnya, Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, di harapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah, tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI) di wilayah kerja puskesmas Belik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*