GOTONG-ROYONG SWADAYA MASYARAKAT MENYELENGGARAKAN BEDAH RUMAH DARYATI WARGA DUKUH RINGIN

Gunungtiga-belik.desa.id-Masyarakat bergotong royong melanjutkan membangun rumah baru untuk Tarminah (46) yang beralamat di Dusun II Dk. Ringin RT 08 RW 03 Desa Gunungtiga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, bedah rumah ini dilakukan karena kondisi rumah Tarminah tidak layak huni, kondisi atap rumah pada bocor, dinding tepas sangat rapuh dan tiang tiang rumah banyak yang keropos bahkan nyaris roboh. Senin (9/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

Dengan inisiatif warga yang di motori oleh tokoh masyarakat, Sumarno, sebelumnya bersama sama warga mengutip sumbangan kepada seluruh masyarakat Warga Gunungtiga secara seikhlas hati, berjalan selama 1 bulan. Sehingga uang yang terkumpul dari kutipan sumbangan masyarakat tersebut sekitar Rp 16 juta, melainkan masyarakat yang menyumbangkan rezeki nya secara pribadi langsung kepada Daryati ibu beranak 4 tersebut.

Menurut pantauan KPMD Masyarakat Dusun II terlihat sangat antusias dalam pembangunan bedah rumah Daryati, mereka tak menyangka warga Dusun II bisa kompak dalam kegiatan sosial ini, dan perlu di ingat ini murni dari swadaya masyarakat tanpa ada bantuan dari pemerintah desa Gunungtiga.

“Ini membuktikan bahwa kami bisa berbuat untuk dusun kami tanpa bantuan pemerintah desa dan bukan berarti kami tidak mengharapkan kepedulian dari pemerintah desa, karena masih ada rumah warga dusun II yang layak di bedah sehingga layak huni, yaitu rumah saudara Gumes/Sikin yang terletak di dusun II,” kata Dakun.

Hal senada dikatakan Kepala Dusun II, Eka Nurhasim bahwa mengenai bedah rumah yang sedang dilakukan ini memang murni swadaya masyarakat, sebelumnya pernah juga ini di mintakan kepada pemerintah desa, tapi itu tidak terealisasi sampai sekarang, karena kekurangan syarat administrasi.

“saya selaku kepala dusun mengharapkan supaya dianggarkan ditahun 2020 seperti RLTH dan Pelatihan Industri Rumah Tangga, jadikan prioritas pembangunan pada anggaran tahun 2020 yang akan datang,”ujar Kadus kepada Kaur Perencanaan.

Pada kesempatan yang sama, Tokoh Pemuda Desa Gunungtiga menuturkan bahwa pada hari ini harus bisa melihat saudara kita yang saat ini membutuhkan uluran tangan dari kita, saya memiliki harapan yang besar kepada pemerintah daerah ataupun pemerintahan Desa untuk bisa melihat masyarakat yang kurang mampu, sehingga dikatakan sejahtera apabila masyarakat daerah itu bisa memiliki tempat huni yang layak dan memiliki pekerjaaan yang tetap sehingga ia dapat menghidupi kebutuhan diri dan keluarganya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*