PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE

Pada tanggal 30 Juni 2022 di Desa Gunungtiga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang mengadakan kegiatan Pelatihan Budidaya Lele Sistem Kolam Bulat dengan menggunakan dukungan Dana Desa Tahun Anggaran 2022, pelatihan ini bertujuan untuk membekali ilmu dan menambah wawasan tentang cara budidaya lele dengan system kolam bulat, peserta pelatihan terdiri dari  Kelompok Tani Dewasa ( KTD ) dan Unit Kerja Karang Taruna  (UKKT) di wilayah Desa Gunungtiga.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Desa Gunungtiga yaitu Bapak Nahyono dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang kebijakan dana desa dan pemberian motivasi dan pemberdayaan kelompok penerima.

Selama pelatihan berlangsung peserta diberikan materi tehnologi budidaya lele sistem kolam bulat oleh Balai Penyuluhan Pertanian yang meliputi manajemen kualitas air dan persiapan kolam, persiapan penebaran, pemilihan benih, pakan, pengendalian/ pencegahan penyakit dan panen/pasca panen. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dari materi yang telah disampaikan dan mengaplikasikan langsung dilapangan, sehingga penerima bantuan dapat mempersiapkan kolam budidaya maupun persiapan air dengan baik dan dapat meminimalisir kematian benih diawal pemeliharaan.

Selain mendapatkan pelatihan para peserta kelompok Pelatihan juga mendapatkan paket sarana produksi budidaya perikanan yang masing-masing paket terdiri dari :

  • Kolam bulat diameter 3 sebanyak 4 buah
  • Pakan pelet sejumlah 400 kg
  • Bibit lele sejumlah 5000 ekor

      Be the first to comment

      Leave a Reply

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


      *